Harga Skuad Barca Dua Kali Lipat MU

Lionel Messi dkk (© AFP 2011) 
Barcelona: Sabtu, 28 Mei, pelatih Barcelona Pep Guardiola akan memimpin skuad yang dipenuhi para pemain binaan sendiri di Wembley Stadium pada partai final Liga Champions kontra Manchester United. Ini merupakan buntut dari kesuksesan La Masia, akademi sepakbola milik Barcelona.

Meski demikian, bukan berarti nilai jual skuad Barca rendah. Sebuah studi yang dilakukan Frontier Economics menyebutkan kalau nilai skuad inti Barca justru dua kali lebih tinggi ketimbang MU. Totalnya mencapai 454 juta euro (Rp 5,5 triliun—kurs 1 euro=12.200 rupiah). Sedangkan skuad besutan Sir Alex Ferguson total 216,5 juta euro (Rp 2,6 triliun).

Studi ini berdasarkan bandrol pemain di awal musim dan Lionel Messi merupakan pemain paling berharga di Barca dan bahkan dunia. Messi sendiri hampir berharga 140 juta euro (Rp 1,7 triliun).

Nilai ini otomatis naik setelah dia meraih gelar pemain terbaik dunia untuk kedua kalinya berturut-turut. Rata-rata golnya 0,96 persen yang tergolong spektakuler setelah mencetak 52 gol dari 54 kali bermain. Andres Iniesta dan Xavi Hernandez mengekor di belakang Messi.

Sementara itu, pemain paling berharga di skuad MU yakni Wayne Rooney yang hampir 51 juta euro. Rooney diikuti Antonio Valencia dan Nemanja Vidic. Nilai jual Javier ‘Chicharito’ Hernandez hanya 17,6 juta euro yang kini tentunya bertambah setelah mencetak 20 gol di musim pertamanya.(DIM/Sport)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar